Cari Blog Ini

Senin, 25 Oktober 2010

Knowledge Management System

Siang ini saya menyempatkan diri untuk memasukan Posting terbaru di blog saya. Susah juga teryata untuk membuat sebuah Posting. tapi saat ini saya coba untuk mengangkat Sekilas tentang Kerjaan yang saya lakukan di tempat saya bekerja. saya bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perminyakan. walau jauh sangkutpautnya dengan perminyakan. tetapi apa yang saya kerjakan merupakan inventasi jangka panjang yang dilakukan oleh perusahaan saya. 

"KMS" kepanjangan dari "Knowledge Management System" Nonaka & Takeuchi (1995), mengatakan bahwa perusahaan yang sukses adalah konsisten menciptakan pengetahuan baru, dibagi untuk seluruh organisasi, dan semua orang memiliki garis pada teknologi baru dan hasilnya. Menurut Davenport dan Prusak (1998) pengetahuan adalah campuran fluida pengalaman dibingkai, nilai, informasi kontekstual, dan wawasan ahli yang memberikan kerangka untuk mengevaluasi dan menggabungkan pengalaman baru dan informasi. Ini berasal dan diterapkan di benak knowers. Dalam organisasi, sering menjadi tertanam catatan hanya dalam dokumen atau repositori tetapi juga dalam rutinitas organisasi, proses, praktik dan norma-norma).

 Manajemen Pengetahuan (KMS) itu adalah rantai tindakan yang digunakan oleh organisasi untuk mengidentifikasi, menciptakan, menjelaskan, dan mendistribusikan pengetahuan untuk digunakan kembali, diketahui, dan belajar dalam organisasi. Kegiatan ini biasanya terkait dengan objektif organisasi dan ditujukan untuk mencapai hasil tertentu seperti pengetahuan bersama, peningkatan kinerja, keunggulan kompetitif, atau lebih tinggi tingkat tingkat inovasi. Transfer pengetahuan (salah satu aspek dari manajemen pengetahuan) dalam berbagai bentuk, telah sejak lama dilakukan. Contohnya adalah melalui diskusi sepadan dalam pekerjaan (aktivitas, magang, perpustakaan perusahaan, pelatihan profesional, dan program mentoring. Meskipun sejak akhir abad ke-20, teknologi tambahan telah diterapkan untuk melakukan tugas ini, seperti basis pengetahuan, sistem pakar, dan repositori pengetahuan.

untuk sementara yang saya ketahui tentang "Knowledge Management System" hanya segitu. saya berharap kawan-kawan dapat memberikan informasi yang lebih jelas lagi apabila mengetahui lebih detai tentang KMS.

Thank's dah mau berkunjung di Blog saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar